Selasa, 16 Agustus 2011

FILOLOGI



KODIKOLOGI MANUSKRIP KEAGAMAAN ISLAM
KOLEKSI PERPUSTAKAAN MASJID AGUNG SURAKARTA


I.         KITAB : Ihya Ulumuddin (1)
A.    RINCIAN KITAB :
1.         Kode dan Nomor Naskah                        : 600
2.         Judul (dari dalam/dari luar)          : Kitab Ihya Ulumuddin
3.         Pengarang                                    : Imam Al-Ghozali
4.         Penyalin                                       : Tuan. Haji. Muhammad Busra
5.         Tahun Penyalinan                         : 1346 H – 1858 Q / 1927 M
6.         Katagori Teks                               : Fiqih
7.         Bentuk Teks                                 : Prosa
8.         Tempat Penyimpanan                   : Perpustakaan Masjid Agung
  Surakarta
9.         Asal Usul Naskah                          : Surakarta, kitab ini di gunakan
  Dalam pengajaran ilmu-ilmu fiqih
10.     Pemilik                                         : Kaku’an Dalim
11.     Jenis Alas                                     : Kertas, depan + belakang
  kertas daluwang <span class="fullpost"> Dalam/isi kertas 
  eropa
12.     Kondisi Fisik                                : Cukup Baik
13.     Penjilidan                                     : Benang, Kain, di jepit dengan
  bambu
14.     Watermark (cap kertas)                : Bergambar pohon
15.     Garis Tebal dan Tipis jmlh           : Garis tebal : 8, garis tipis : 298
16.     Jarak Garis Tebal                          : 2,5 cm
17.     Jarak Garis Tipis                           : 1mil
18.     Garis Panduan                              : ada
19.     Jumlah Kuras                               : 29 khuras
20.     Jumlah Lembar                             : 12 lembar
21.     Jumlah Halaman                           : 348  halaman
22.     Jumlah Baris Perhalaman             : 11 baris
23.     Panjang Dan Lebar Halaman       : Panjang 33 cm, lebar 21 cm
24.     Panjang Dan Lebar Teks              : Panjang 25 cm, lebar 13 cm
25.     Penomoran Halaman                    : tidak ada
26.     Kata Alihan                                  : ada, kegunaanya untuk
  Menunjukkan halaman baru /
  Halaman berikutnya. 
27.     Huruf                                           : Arab
28.     Bahasa                                          : Arab
29.     Jenis Khath                                  : Naskhi
30.     Warna Tulisan                              : Hitam
31.     Jenis Tinta                                    : Cina
32.     Ilustrasi / Iluminasi                       : tidak ada
33.     Halaman Kosong                         : bagian depan: 0, bagian belakang: 9
34.     Kolofon                                        : berbentuk persegi panjang
35.     Kutipan langssung, 2 halaman awal dan 1 halaman akhir (dikutip langsung dan diterjemahkan)

A.    Kutipan satu halaman depan
الباب الثّالث فى البحث والسؤال والهجوم والإهمال ومظانهما اعلم انّ كلّ من قدّم اليك طعاما اوهداية او اردت ان تشتري منه او تهيب فليس لك ان تفتش عنه وتسئل وتقول هذا مماّ لا تحقّق حاله فلا اخده بل افتش منه وليس لك ايضا ان تترك البحث فتأخذ كلّ مالا تيقّن تحريمه بل السؤال واجب مرّة وحرام اخرى و مندوب اليه ومكروه اخرى فلابدّ من تفتيشه والقول الثّانى فيه وهو انّ مظنّة السؤال مواقع الرّيبة ومنشئ اليبة ومثالها اماّ امر يتعلّق لصاحب المال المثال الأوّل احوال المالك وله بالإضافة الى معرفة ثلاثة.
Kitab ini merupakan kitab, bab yang ketiga, yang didalamnya terdapat pembahasan, pertanyaan-pertanyaan, peperangan, peremehan dan penekanannya. Ketahuilah sesungguhnya setiap orang  yang telah meberikan kepadamu makanan dan hidangan atau jika kamu ingin membeli sesuatu dari seseorang tersebut atau kamu menginginkan sesuatu, maka dianjurkan  bagi kamu, untuk memeriksanya dan menanyakan apakah makanan ini atau barang ini benar-benar kehalalannya. Maka kamu jangan mengambil barang tersebut sebelum memerikanya terlebih dahulu, dan tidaklah bagi kamu, meninggalkan penjelasan (tentang haram/haram makanan). Maka kamu mengambil setiap apa yang tidak kamu yakini keharamannya, tetapi diwajibkan bagimu menanyakan beberapa kali, dan yang haram yang lain, dan yang mandub padanya, dan yang makruh yang lain. Maka kamu harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. dan di dalam perkataan kedua, sesungguhnya pertanggungjawaban pertanyaan terletak/terdapat pada penjual dan pembeli. dan contohnya masalah yang berkenaan dengan harta atau yang berkanaan pemilik harta. Contoh pertama keadaan seorang raja dan dia memiliki pengetahuan yang luas.....

B.     Kutipan satu halaman belakang
فلا يسئال عنهما وإسراة غاب عنها وزوجها وقد كفاها مؤنّة الدّنيا فتزوّجت بعده ولا يسئال عنها وثلاثة لا يسئل عنهم رجل ينازع الله فى ردائه وردائه الكرياء وازاره العظمة ورجل فى شدّ من الله عزّوجلّ والقنوط من الرّحمة.
Maka kamu janganlah menanyakan dari keduanya dan dan keluarga yaang tidak ada dari keduanya dan istrinya dan sungguh di cukupkan kepentingan-kepentingan/bekal di  dunia, maka menikahlah  kamu setelah itu dan janganlah menanyakan darinya dan yang ketiga janganlah bertanya darinya seorang pria  yang di lepaskan Allah dari pakiannya dan pakian riya’ mkasudnya di hilangakn dari sifat riya’ dan kain sarung yang mulia dan seorang pria di dalam bersungguh di jalan Allah. Allah Maha Kuasa dan belas kasihan.

II.      KITAB : Ihya Ulumuddin (2)
A.    RINCIAN KITAB
1.        Kode dan Nomor Naskah          : 600
2.        Judul (dari dalam/dari luar)       : Kitab Ihya Ulumuddin
3.        Pengarang                                  : Imam Al-Ghozali
4.        Penyalin                                     : Ahmad ‘Ali Abu Hamaam,
  Di Kedongan
5.        Tahun Penyalinan                      : 1346 H – 1858 Q / 1927 M
6.        Katagori Teks                            : Fiqih
7.        Bentuk Teks                               : Prosa
8.        Tempat Penyimpanan                : Perpustakaan Masjid Agung
  Surakarta
9.        Asal Usul Naskah                      : Surakarta, kitab ini di gunakan
  dalam pengajaran ilmu-ilmu fiqih
10.    Pemilik                                       : Kaku’an Dalim
11.    Jenis Alas                                   : Kertas, depan + belang kertas
  Daluwang dalam/isi kertas eropa
12.    Kondisi Fisik                             : cukup baik
13.    Penjilidan                                   : Benang, kain, di jepit dengan
  Bambu
14.    Watermark (cap kertas)              : GR dan TM Pro Patria
15.    Garis Tebal dan Tipis jmlh         : Garis tebal : 8, garis tipis : 298
16.    Jarak Garis Tebal                       : 2,5 cm
17.    Jarak Garis Tipis                        : 1 mil
18.    Garis Panduan                           : Ada
19.    Jumlah Kuras                             : 23
20.    Jumlah Lembar                          :12
21.    Jumlah Halaman                        : 276 halaman
22.    Jumlah Baris Perhalaman           : 11
23.    Panjang Dan Lebar Halaman     : panjang 31 cm, lebar 19 cm
24.    Panjang Dan Lebar Teks            : panjang 25 cm, lebar 12 cm
25.    Penomoran Halaman                  : Tidak Ada
26.    Kata Alihan                               : Ada, kegunaan untuk menunjukkan
  Halaman baru/berikutnya.
27.    Huruf                                         : Arab
28.    Bahasa                                       : Arab             
29.    Jenis Khath                                : Naskhi
30.    Warna Tulisan                            : Hitam
31.    Jenis Tinta                                  : Cina
32.    Ilustrasi / Iluminasi                    : Tidak Ada
33.    Halaman Kosong                       : Bagian Depan : 4, Belakang : 6
34.    Kolofon                                     : Berbentuk Segitiga
35.    Kutipan langsung, 2 halaman awal dan 1 halaman akhir
(dikutip langsung dan diterjemahkan)
A.    Kutipan satu halaman depan
كتاب اداب تلاوة القرآن نفع الله به الحمد الذى امتن على عباده بنبيّه المرسل صلىّ الله عليه وسلّم وكتابه المنزل الذى لا يأتيه الباطل من بين يدسه ولا من خلفه حتىّ اتّسع على اهل افتكار طريق الإعتبار بمافيه من القصص والأخبار والتّضح به سلوك النمهج القويموالصّراط من المستقيم بما فضّل فيه من الأحكام وفرّق بين حلال والحرام فهو الضّياء والنور وبه النّجاة الغرور وفيه شفاء لما فى الصّدور من خلفه من الجبائرة قصمه الله ومن ابتغي العلم فى غيره اضلّه الله هو حبل الله المتين ونوره المبين والعروة الوثقي والمعتصم الأوفى وهو المحيط بالقليل والكثير والصّغير والكبير ولا تنقضي عجائبه ولا تتناهى غرائبه ولا تحيط بوفوائده عند اهل العلم تحديد ولا بخلقه عند اهل تلاوة كثرة التّرديد وه الذى ارشد الأوّلين والأخرين ولماّ سمعه الجنّ لم يلبثوا ولو الى قومهم منذرين فقالوا اناّ سمعنا قرأنا عجبا يهدي الى الرّشد فأمنّابه فكلّ من امن به فقد
Buku Sastra/Adab bacaan Al-Quran bermanfaat bagi Pujian Tuhan yang telah memberkati hamba-Nya dan  Rasul-Nya, kedamaian besertanya utusan-utusannya. Dan kitab yang diturunkannya tidak ada keraguan didalamnya dan kesalahan dintara kedua tangannya/kaumnya dan tidak pula yang dibelakangnya sampai menyebarlah golongan pemikiran-pemikiran dengan jalan mengambil ibarat (pengajaran) dengan apa yang ada didalamnya dari sebuah cerita-cerita dan kabar-kabar dan diperjelas dengannya pusat perangai yang kuat dan jalan lurus yang lebih mulia dari padanya dari hukum-hukum dan yang memebedakan antara halal dan haram sesungguhnya dia adalah kegelapan dan cahaya dan di dalamnya terdapat penyembuh terhadap apa yang ada dihati dan barangsiapa mengharapkan ilmu selainnya yang disebutkan diatas tadi maka allah akan menyesatkannya  dan sesungguhnya tali/jalan Allah yang kuat dan cahaya Allah yang nyata.....

B.     Kutipan satu halaman belakang
المساجد وكثرة قراءة القرآن وقال ايضا عجبت لمن يدخل الحمام على الرّيق ثمّ يأخّر الأكل بعد ان يخرج كيف لا يموت وعجبت لمن احتجم ثمّ يبادر الأكل كيف لا يموت وقال الشافعي وضى الله عنه لم ار شيئا انفع فى الوباء من البنفسج يدهن به ويشرب تمّ الكتاب بحمد الله وعونه وحسن توفيقه يتلوه كتاب اداب النكاح وهو الكتاب الثانى من ربع العبادات من كتاب احياء علوم الدّين نفع الله تعالى به. امين والله اعلم بالصواب
Masjid-masjid dan jumlah besar membaca Al-Qur'an dan juga mengatakan Aku heran pada orang yang memasuki kamar mandi pada waktu perut kosong dan kemudian mengakhirkan  makan setelah tahu bagaimana untuk tidak mati dan saya terkejut melihat orang-orang yang bersenggama dan kemudian memulai makan bagaimana untuk tidak matis as-syafi’i berkata kepadanya dan kepadanya saya tidak melihat apa yang lebih bermanfaat di dalam waba’ dari banfasaji dan meminumnya penyelesaian penulisan  dengan  pujian Allah dan pertolongan-Nya dan kebaikan tafiqnya dan dibacakan sebuah buku pernikahan perilaku yang baik, yang merupakan buku kedua ibadah dari seperempat buku manfaat kebangkitan ilmu agama oleh Allah. Amin dan Tuhan tahu apa yang benar

 

IV.       PENUTUP
Demikianlah deskripsi manuskrip ini yang bisa saya uraikan/teliti tentang kitab ihya’ ‘ulumuddin yang berada di masjid Agung Surakarta. Dan semua ini tidak lepas dari kesalahan dan kekurangan. Mungkin dari pendeskrisian ini bisa dapat menambah pengtahuan penulis tentang manuskrip-manuskrip pada masa yang lampau khususnya yang berada di Masjid Agung Surakarta.  Dan bisa menumbuhkan keinginan untuk meneliti kitab-kitab pada masa yang lampau.
Demiankian saya ucapkan banyak terimakasih  kepada dosen pengampu yang telah membimbing saya dalam pendeskrisian in dan teman-teman yang telah menemani saya dalam suka maupun duka dalam perjalan ke Masjid Agung Surakarta. Demikian wassalamu’alikum Wr.Wb.
</span>

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar